Tips membersihkan dan merawat evaporator ac mobil sendiri | caramembersihkan.com

Tips membersihkan dan merawat evaporator ac mobil sendiri

Hallo sobat, Pada pembahasan kemarin mengenai Cara mudah dan praktis membersihkan dashboard mobil dan pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips dan tutorial yang agak sedikit berbeda, yaitu cara membersihkan, cara menghilangkan, bahan, cara melapisi, cara bongkar, cara memperbaiki dengan sangat cepat mudah dan murah.

Jika artikel dengan judul " Tips membersihkan dan merawat evaporator ac mobil sendiri yang lengkap dan mudah " tidak sesuai dengan yang anda cari, anda dapat menggunakan kolom pencarian yang sudah tersedia.

Baca artikel : INILAH!! Tips membersihkan dan merawat evaporator ac mobil sendiri

Foto evaporator ac mobil

Foto evaporator ac mobil

Cara membersihkan filter AC mobil – Perfoma suhu AC dalam mendinginkan kabin tergantung juga kepada kebersihan Evaporator AC Mobil. Jika komponen AC Mobil ini bermasalah atau kotor karena jarang dibersihkan, maka jalur sirkulasi udara pada AC menjadi kotor dan berimbas menurunnya performa AC dalam mendinginkan kabin. Oleh karena itu, penting sekali bagi pemilik mobil untuk selalu memeriksa kebersihan Evaporator AC Mobil ini.

Evaporator AC Mobil merupakan salah satu komponen sirkulasi AC mobil yang memiliki fungsi vital untuk mengubah cairan freon menjadi gas dingin. Di perangkat inilah proses pendinginan cairan freon terjadi. Apabila perangkat ini jarang dibersihkan dan kotoran semakin menumpuk, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kebocoran. Kebocoran terjadi akibat kotoran yang menumpuk sehingga menyebabkan korosi dan menjadi keropos. Karenanya, penting sekali untuk melakukan perawatan dan pembersihan komponen Evaporator AC Mobil anda.

Cara merawat AC mobil agar tetap dingin

Biasakan untuk Merawat dan Membersihkan Komponen Evaporator AC Mobil secara teratur. Jangan tunggu hingga AC terasa tak dingin atau udara mulai tak segar. Karena jika hal ini sudah terjadi, maka umumnya penggantian filter, pembersihan evaporator, hingga pengecekkan bahkan penambahan refrigerant turut dibutuhkan untuk mengembalikan suhu dingin. Pengerjaannya menyita waktu lama dan memakan biaya yang cukup tinggi.

Langkah-langkah membersihkan evaporator

Membuka Filter AC

Matikan mobil, dan temukan lokasi filter dan jalur asupan udara AC dengan membaca manual book kendaraan. Umumnya berada di balik glove box, karenanya perhatikan langkah-langkah membukanya agar tak merusak komponen lain. Angkat filter, dan periksa. Jika sudah sangat kotor, segera ganti. Kocok kaleng spray beberapa kali sebelum proses dimulai. Sisipkan selang sprayer ke arah blower agar foam dapat terarah sempurna ke blower.

Pengaturan Suhu AC

Setelah spray siap disemprotkan, nyalakan mesin dan AC serta buka semua ventilasi AC serta jendela. Nyalakan juga blower di bangku penumpang belakang jika tersedia. Set suhu AC di posisi paling dingin dan blower di paling kencang.

Aplikasikan Pembersih

Setelah memastikan selang sprayer berada tepat menghadap blower, semprotkan foam hingga habis. Jangan khawatirkan tetesan yang muncul pada ventilator AC, bersihkan dengan lap setelah proses penyemprotan selesai. Pun jika tak ada tetesan, hal ini tidak berarti apapun. Jika penyemprotan dilakukan dengan benar, maka udara langsung terasa lebih segar. Jika AC bekerja normal dan tak ada kerusakan, umumnya suhu akan terasa lebih dingin. Setelah isi kaleng habis, biarkan mobil tetap menyala dengan kondisi AC yang sama selama 10-15 menit dan kotoran dari evaporator menetes dari pipa AC di bawah mobil.

Terima kasih sudah membaca sedikit tutorial dan tips tentang cara membersihkan dan menghilangkan. Semoga artikel yang kami sajikan bermanfaat bagi kehidupan sehari - hari anda.

Artikel di cari Tips membersihkan dan merawat evaporator ac mobil sendiri:

cara membersihkan ac mobil, cara membersihkan evaporator ac mobil avanza, cara membersihkan kondensor ac mobil